Jumat, 14 Oktober 2016

9 MACAM TEHNIK DASAR DALAM PERMAINAN TENIS MEJA

9 TEHNIK DASAR DALAM PERMAINAN TENIS MEJA WAJIB DIKUASAI


1. Push

Push adalah pukulan backspin pasif yang biasanya digunakan untuk menghadapi servis backspin atau serangan yang tidak menyenangkan baik untuk alasan taktik maupun push merupakan cara yang lebih konsisten untuk mengembalikan bola yang dipukul dengan tehnik backspin.

2. Drive

Pukulan forehand drive biasanya merupakan pukulan yang paling kuat,karena tubuh kita menghalangi saat melakukan pukulan,tidak seperti backhand.Selain itu otot yang digunakan biasany lebih maksimal daripada pukulan backhand.

3. Chop

Kebanyakan pemain menggunakan chop (choper) mundur sekitar 2-5 meter dari lapangan permainan,dengan mengembalikan bola rendah menggunakan backspin.

4. Topspin

Apabila pemain memukul bola yang menyebabkan setengah bagian bola berputar menjauh dari pemain maka pemain tersebut sudah menggunakan topspin.Top spin dilakukan dengan memukul bagian belakang bola dengan pukulan mengarah keatas.

5. Lob

Loobing merupakan pukulan bertahan secara total yang digunakan untuk menghadapi smash.Lob yang baik pada dasarnya adalah lob yang tinggi dapat setinggi 2-4 meter atau lebih diudara.

6.Gerakan langkah Kaki (Footwork)

Footwork dalam permainan tenis meja secara umum dibedakan untuk nomer tunggal dan omor ganda.Footwork yang digunakan dalam permainan tunggal sudah otomatis digunakan dalam permainan ganda .Jika dilihat dari banyaknya langkah footwork untuk tunggal dapat dibedakan satu langkah,dua langkah dan tiga langkah atau arah pergerakannya bisa kedepan ,ke belakang, ke samping kiri,ke samping kanan atau diagonal

7 .Pegangan Bet atau Grip

Untuk Pegangan bet dalam permainan tenis meja ada 3 macam yaitu Shakehands grip,Penholder grip dan Seemiller Grip.Untuk penjelasannya bisa klik DISINI.

8. Sikap dasar

Dalam prmainan tenis meja sikap dasar ada 3 macam yaitu square stance,side stance dan Open stance.Dibawah ini adalah penjelsannya :

a.) Square Stance

Square Stance adalah posisi badan menghadap penuh ke meja biasanya posisi ini digunakan dalam menerima servis dari lawan atau posisi siap kembali setelah menenrima pukulan dari lawan.

b.) Side Stance

Side Stance adalah posisi badan menyamping baik kesamping kanan maupun kesamping kiri.Pada side stance jarak antara bahu ke meja atau ke net harus ada yang ebih dekat.

c.) Open Stance

Open Stance adalah modifikasi dari side stance.Stance ini hanya digunakan untuk backhand block,kaki kiri agak tebuka keluar dan agak ke depan (untuk pemain tangan kanan)

9. Servis

Dalam permainan tenis meja servis dibagi menjadi 2 bagian yaitu servis backhand dan servis forehand

4 komentar: